tugas [perbedaan game moderen, occulus rift, leaf motion, intel real sense tecnologi smart, terrain vuforia]

Oculus Rift

Oculus Rift adalah output display seperti juga halnya layar komputer yang menampilkan dunia virtual 3 dimensi, hanya saja alat tersebut diletakkan sangat dekat dengan mata (seperti di gambar) disebut juga sebagai VR HMD (Virtual Reality – Head Mounted Display). Dengan desain optik yang tepat dan berkualitas mata kita bisa fokus pada display yang sangat dekat tersebut. Lalu apa istimewanya ?

kegunaan occulus rift

Oculus Rift diciptakan oleh Palmer Luckey awalnya khusus untuk para gamers. Sejak awal diluncurkannya dalam Kickstarter ia mendapat donasi dari backer (donator) yang sebagian besar adalah maniak game. Dan memang Oculus Rift ditujukan awalnya untuk main game, sebagai pengganti layar. Maka tak heran visi utamanya awalnya adalah “satu langkah masuk ke dalam dunia game” karena pengguna akan merasakan benar-benar dalam dunia game.

Aplikasi Oculus Rift antara lain adalah :

  1. Game: pemain game benar-benar merasa hadir dalam game. Dengan desain game stereo (mata kiri dan mata kanan memiliki tampilan sendiri) dan offset yang diukur dengan tepat, maka akan meningkatkan level kehadiran pemain dalam game. Bahkan dari beberapa review pemain game sering lupa bahwa dia berada dalam game.
  2. Tour Wisata: Tidak perlu repot-repot pesan hotel dan tiket pesawat. Kalau anda bisa merasa seakan-akan berada di Tokyo atau Berlin seperti itu sudah cukup bukan ? Pasang Oculus Rift dan nikmatifeel (perasaan) berada di belahan dunia lain tanpa perlu keluar dari rumah. Dengan desain video 360 derajat dan stereoyang
  3. Kedokteran: Oculus Rift digunakan bagi mahasiswa untuk melihat pembedahan secara langsung dari mata pertama, seakan-akan dia yang melakukan pembedahan.

Leaf motion

Leap Motion ini merupakan alat tambahan yang dapat dihubungkan ke komputer dan kemudian dapat digunakan untuk menggantikan fungsi mouse maupun keyboard karena pasalnya Leap Motion dapat membantu penggunanya mengendalikan komputer hanya dengan gerakan tangan maupun jari di udara.

Bentuk Leap Motion ini berukuran kotak yang cukup kecil sehingga mudah dibawa kemanapun. Cara kerja Leap Motion ini adalah pengguna cukup meletakan perangkat ini didekat komputer dan kemudian perangkat akan mendeteksi keberadaan tangan maupun jari yang selanjutnya pengguna dapat menggunakan gerakan tangan atau jari  yang diinginkan serta gerakan kombinasi yang sudah diatur.

Selain bisa menggantikan fungsi mouse, Leap Motion pun bisa berubah fungsi menjadi keyboard dengan memancarkan sinar yang mewakili huruf dan angka pada keyboard. Untuk mengetik, penggunanya cukup menyentuh huruf layaknya mengetik pada keyboard biasa dengan akurasi 1/100 milimeter.

Tentunya fungsi lain yang cukup menarik adalah pengguna Leap Motion ini bisa memainkan game di komputer dengan gerakan tangan atau jari di udara dengan cepat. Untuk game yang bisa dikendalikan dengan Leap Motion ini penggunanya bisa mengunduh maupun membelinya di toko online milikLeap Motion. Di toko tersebut pun tersedia juga aplikasi yang menarik. Perangkat ini telah mendukung komputer Windows dan Mac.

Intel real sense technology smart

ntel, siapa yang tidak mengenal salah satu perusahaan asal amerika dimana gudangnya teknologi canggih hadir disana. Selama ini mungkin intel dikenal hanya sebagai perusahaan prosesor seperti Pentium, core i3, core i5 ataupun core i7. Namun jangan salah kira ternyata dapurnya tempat teknologi-teknologi canggih salah satu ada di intel.

Salah satu teknologi terbaru dan tercanggih yang bakalan menyapa dunia teknologi dimasa depan adalah intel real sense. Dilihat dari dua kata dasarnya, real dan sense jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, real memiliki arti nyata dan sense memiliki arti rasa. Jadi intel real sense akan memberikan kita sensasi atau rasa yang nyata yang dihasilkan dari sebuah teknologi.

Intel Real Sense 3D Camera adalah teknologi kamera yang mampu merespon tangan , lengan , dan gerakan kepala serta ekspresi wajah. kemampuan kamera Real Sense ini dapat mendeteksi 22 sendi di satu telapak tangan kita dan juga bisa mendeteksi kedalaman 3 Dimensi.

Terrain vuforia

Produsen semikonduktor dan teknologi telekomunikasi Qualcomm Inc. rupanya tak hanya ingin menjadi penguasa pasar teknologi peranti bergerak, namun juga perangkat lunak di dunia mobile. Melalui anak perusahaan Qualcomm Connected Experiences Inc. tersedia perangkat Qualcomm® Vuforia™ versi terbaru yang segera dirilis dalam beberapa pekan mendatang. Versi paling mutakhir yaitu Vuforia 3.0 SDK akan mampu mengakses kamera ponsel cerdas atau tablet yang dengan teknologi Smart Terrain™ akan mengolah gambar video menjadi data tiga dimensi yang akan membawa pengalaman realitas tambahan (augmented reality) ke level yang lebih seru.

Aplikasi yang didukung oleh Smart Terrain ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan ruang bermain mereka sendiri ketika karakter permainan dapat berinteraksi dengan dunia nyata dengan cara yang belum pernah dialami sebelumnya. Karakter dapat melakukan navigasi pada sekitar, berbenturan dengan atau melompati benda-benda di lingkungan pengguna. Teknologi ini merupakan terobosan besar bagi pengalaman realitas tambahan.

http://blog.bhaktiutama.com/2015/01/oculus-rift-sebuah-portal-ke-dunia-lain-saya-serius/

http://gadgetren.com/2014/06/01/leap-motion-mengendalikan-komputer-dengan-gerakan-tangan-di-udara/

http://komputerlamongan.com/lambaikan-tanganmu-sambut-teknologi-intel-real-sense-3d-camera/

http://www.businessweekindonesia.com/4910/keajaiban-realitas-tambahan-dari-qualcomm

Tinggalkan komentar